Keluarga besar Fakultas Ushuluddin mengadakan acara tahunan yang disebut dengan Family Gathering. Waktu dimana keluarga Fakultas Ushuluddin berkumpul dan bermuhasabah dengan evaluasi, pencapaian dan refleksi perjalanan akademis dan non akademis. Satu Bis Kecil berangkat dengan rombongan Fungsionaris Dosen, Staff dan Tenaga Kependidikan Fakultas Ushuluddin. Perjalanan sempat terhembat dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat, akan tetapi dengan izin Allah; rombongan datang tepat waktu di kampus mantingan dengan selamat.

Acara dimulai dengan sambutan yang cukup meriah dengan performance nasyid dari mahasiswi-mahasiswi yang giat dalam UKM Nasyid di kampus Mahasiswi UNIDA Gontor. Lantunan merdu nan syahdu menjadi awal yang cukup menarik dalam pembukaan Family Gathering kali ini. Setelah pembukaan, Ustadz Syamsul Hadi Untung selaku Dekan Fakultas memberikan banyak nasehat dan prinsip-prinsip kehidupan dengan jati diri kepesantrenan.

Salah satu nasehat beliau adalah “Saat-saat kamu berbahagia, ibumu tidak datang untuk meminta bagian dari kebahagiaanmu; tapi saat kamu bersedih, ibumu akan datang meminta jatah dari kesedihanmu”, Tegas Bapak Dekan menjelaskan hakikat pengibaratan interaksi Dosen kepada para Mahasiswa didalam kampus pesantren. Meraih kesuksesan adalah hal yang tidak mungkin bagi kita artinya meraih kesuksesan bukti bagi orang lain bahwa kalian juga bisa meraih kesuksesan. Belaiu juga menyampaikan kepada kita jangan takut kesalahan, tapi jangan juga melakukan kesalahan kedua kalinya ,Jika gagal coba lagi dengan cara dan jalan yang berbeda, Jika salah, perbaiki dan jangan mengulangi kesalahan yang sama .Dengan melakukan kesalahan, akan muncul banyak hal yang dapat kita pelajari dan juga untuk introspeksi diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Oleh karena itu, jangan takut membuat kesalahan. Bersyukurlah, seandainya kita pernah berbuat salah dengan belajar dari kesalahan, lambat laun kita akan ditempa menjadi orang hebat selalu optimis dalam segala hal dan jangan berputus asa.

Acara menjadi sangat meriah dengan dibacakannya, IPK dan AKPAM mahasiswi-mahasiswi terbaik disetiap prodi dan semesternya. Dengan riuh tepuktangan disambut sorak-sorak para mahasiswi dan dosen menjadikan pembagian penghargaan terkesan lebih meriah dan mengesankan.

Setelah acara ditutup, dosen dan mahasiswi fakultas Ushuluddin beramai-ramai melaksanakan ibadah Shalat Maghrib berjama’ah dengan Imam Dekan Fakultas Ushuluddin. Selanjutnya, ramah tamah langsung dimulai setelah shalat maghrib berjama’ah. Disela-sela ramah tamah mahasiswi memutar beberapa video-video menarik dari masing-masing prodi terkait perjalanan SPL masing-masing.

Tidak kalah menarik, pertunjukkan marawis turut memeriahkan acara ramah tamah dan disusul dengan persembahan dari mahasiswi untuk bapak dekan fakultas ushuluddin dan bapak kaprodi. Setelah selesai, diadakan perfotoan dengan segenap mahasiswi dan dosen prodi. Acara ini diakhiri dengan perkumpulan per prodi dengan dipimpin oleh masing-masing Kaprodi.

Acara Family Gathering ini sangat meriah dan mengesankan bagi keluarga besar Fakultas Ushuluddin, semoga berbarokah dan semakin menguatkan ikatan kekeluargaan fakultas Ushuluddin. Selamat untuk seluruh Keluarga Besar Fakultas Ushuluddin dan segenap Panitia.