Salah satu agenda besar Fakultas Ushuluddin adalah Mahrojan. Mahrojan Sebagai media untuk peningkatan kualitas diri Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor, memperluas pengetahuan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor. Dalam acara yang bertajuk Mahrojan Dekan Fakultas Ushuluddin al-Ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A, MLS, menyampaikan bahwasannya Mahasiswa Ushuluddin haruslah mempunyai karakter, pengusaan Ilmu pengetauhan yang luas agar Mahasiswa dapat bersaing pada Abad ini. Dalam hal ini karakter yang dimaksudkan adalah membisakan diri untuk selalu ingin tau dan mengetauhi dalam segala bidang ilmu pengetuhan yang berkembang, memiliki semangat yang tidak putus dalam menuntut ilmu, meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan yang akan hadapai serta dapat memberikan pencerahan, mahasiswa harus selalu dinamis, jangan menjadi mahasiswa yang pasif dan statis, mampu mengkritis Ilmu-ilmu sekuler yang berdampak pada kemuduran Umat.

Dengan adanya acara tersebut Mahasiswa Ushuluddin dapat meningkatan dan mengembangan potensi-potensi, kreasi-kreasi, bakat-bakat dalam diri setiap individu mahasiswa yang mana terangkum dalam “Empat Olah” (Olah Fikir, Olah Zikir, Olah Rasa dan Olah Raga).

Dengan terlaksananya acara ini, diharapkankan para mahasiswa dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi-potensinya dalam semua bidang. Pada waktu yang sama, dapat memberikan pengalaman-pengalaman yang berharga sebagai bekal dikemudian hari dan juga sebagai ajang silaturrahmi antara Mahasiswa Fakultas Ushuluddin yang terpisah di tujuh kampus yang berbeda yaitu Kampus Siman, Kampus Robithoh, Kampus Kediri, Kampus Mantingan (Gontor Putri 1, 2 dan Unida Murni), Kampus Widodaren dan Kampus Kandangan. Dan harapan keluarga besar Fakultas Ushuluddin Semoga acara ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan serta mendapat rahmat dan ridlo Allah SWT, Aamiin ya Robbal ‘Aalamiin.